Pages

Senin, 18 Oktober 2010

Tentang FPGA (Field Programmable Gate Array)


FPGA adalah sebuah IC digital yang sering di gunakan untuk segala kebutuhan rangkaian digital. FPGA ini dapat mempermudah pemakai/user untuk merancang program yang di inginkan. FPGA terdiri dari gerbang-gerbang digital dimana masing-masing gerbangnya  dapat di konsfigurasikan antara satu sama lainnya. selain itu  FPGA juga merupakan sebuah IC digital yang dapat di pakai secara berulang-ulang untuk menyesuaikan dengan program yang akan di download ke dalam FPGA.Dan perlu di ketahui bahwa FPGA ini bersifat Volatile,yang artinya  ketika daya listrik yang menyuplainya mati maka secara otomatis FPGA akan kehilangan fungsinya.Jadi kelemahan FPGA ini adalah tidak mampu menyimpan program ketika supply tenaganya mati.

FPGA berkembang sejak tahun 1984,dan di produksi pertama kali oleh perusahaan Xilinx.setelah xilinx,baru menyusul perusahaan-perusahaan lainnya seperti Altera,Lattice, dan QuickLogic.Tetapi hanya dua perusahaan yang terkenal mendominasi produksi FPGA ini,yaitu Xilinx dan Altera.
FPGA tidak berbeda jauh dengan IC-IC  lainnya.Hanya saja FPGA memiliki bagian yang berbeda dengan IC lainnya. 

Perlu diketahui FPGA ini merupakan gabungan dari Digital IC PLD dan ASIC. dimana kedua Digital IC ini memiliki keunggulan masing-masing.
Diantaranya PLD (Programmable Logic Device) yang merupakan komponen elektronik yang di g unakan untuk membangun sirkuit digital reconfigurable. dimana kelebihan PLD ini dapat di customize.
dan ASIC (Application Spesific Integrate Circuit) adalah micro chip atau semi konduktor yang di rancang untuk aplikasi dengan fungsi yang lebih specific. ASIC ini bersufat Complex function yang artinya memiliki fungsi yang lengkap, dan juga ASIC mempunyai kelebihan yaitu implementasinya lebih mudah dan cepat.

0 komentar:

Posting Komentar