Pages

Senin, 12 April 2010

9 TAKTIK MEMILIH TEMAN YANG BAIK

Buat remaja kayak kamu dan temen-temen semua, berteman pasti jadi hal yang penting banget. Kamu bakal bete di kampus kalau ternyata ngga
dapet teman yang cocok sama kamu. Hanya saja ngga semua orang yang baru kenal bias jadi temen kamu. Pergaulan jaman sekarang yang makin bebas, bias saj ngasih pengaruh yang buruk buat kamu kalau kamu salah memilih teman. Karna pada dasarnya, teman yang baik,akan memberikan pengaruh baik pula buat kamu. Nah mau tahu gimana caranya nemuin temen yang baik,karna nyari teman yang baik itu susah-susah gampang lho…
Ini ia trik-trik mencari temanh yang baik.. simak yuuuk…
1.    Ngga Menjerumuskan
      Taman yang baik ngga akan menjerumuskan temannya ke hal-hal yang negative. ‘     berbuat negative      sama diri sendiri aja udah satu kesalahan,apalagi samapai     membuat orang celaka? Jadi kalau ada teman kamu yang ngajakin melakukan hal-    hal yang ngga bener,udah pasti dia bukan teman yang baik.

2.    Menularkan Hal Positif
    Teman yang baik bakal bikin kamu jadi pribadi yang lebih baik. Dia bias jadi     inspirator dan membuat  kamu kebawa semangat untuk berbuat yang terbaik demi     masa depan. Kalo kamu punya temen yang kaya gini, bakal  makin banyak     kegiatan positif dan bermanfaat yang kamu ikutin yang otomatis akan ngurangi     peluang kamu berbuat negative.

3.    Akrab sama Keluarganya
     Ruang lingkup pertemana, mau ngga mau ngga bias di pisahkan dari yang     namanya keluarga. Pepatah  Jawa bilang, bibit,bobot,bebet. Nah, begitu juga     dalam pertemanan. Kamu harus tahu gimana keluarganya. Kalo suasana dan     orang-orang di dalam keluarga temen kamu itu baik, kemungkinan besar teman     kamu juga oang yang baik dan kamu bias terus berteman sama dia.

4.    Menerima Apa Adanya
      Jadi teman yang baik bukan berarti ikut campur semua urusan, sampai ke masalah     temen yang paling pribadi. Boleh aja salih kasih saran dan masukan,tapi bukan     berarti bisa seenaknya ngerubah kamu atau temen kamu jadi sosok seperti yang di     inginkan. Biarlah teman menjadi dirinya sendiri begitu juga kamu,dengan jati diri     kamu dengan semua kekurangan dan kelebihannya.

5.    Teman di Segala Suasana
     Biarpun banyak teman yang kamu temui di kampus,bukan jaminan mereka semua     selalu bias atau ada saat kamu sedih dan susah. Ada temen yang cocoknya buat     temen seneng-senengan ajaatau temen jalan, ada juga tipe temen yang bias kamu     ajak berbagi dalam bermacam-macam suasana, ngga peduli kamu lagi susah atau     lagi seneng. Nah, disini kamu bias tau mana temen yang baik ayng bias jadi     sahabat sejati, dan mana temen yang gitu deh !


6.    Bisa Jaga Rahasia
     Namanya remaja pasti banyak banget kegiatannya, makanya jangan kaget kalo     cerita yang di curhatin ke temen-temen pastinya juga banyak, termasuk cerita soal     cowok atau gebetan. Cuma hati-hati aja, kamo kamu pengen curhat ke oran.     Cerita masalah pribadi ke sembarang temen, bias-bisa malah jadi gossip. Kalo         temen kamu malah jadi sumber gosipnya, jelas dia bukan temen yang baik,     sebaliknya kalo dia mau dengerin denganbaik dan menjaga kepercayaan yang     kamu kasih, itu baru namanya temen yang bener-bener baik.

7.    Peka Sama Keadaan Kamu
    Life must go on ? bener banget ! biarpun kadang kamu ngerasa down banget,     ngga usah putus asa. Kamu masih punya keluarga, saudara, pacar dan temen-    temen yang baik dan pasti mau Bantu kamu. Temen yang baik biasanya peka dan     peduli saman apa yang lagi di rasakan sama temennya. Ada pun situasinya, mau     lagi enak atau lagi bete. Bias di bilang ngga di mintapun temen rela membantu     dan siap menolong.

8.    Tulus dan Ngga Egois
    Temen yang baik ngga akan menusuk dari belakang. Pinter-pinter lah membaca     gelagat dan sikap temen-temen kamu. Kalo, temen kamu bermuka dua,     mendingan ngga usah di akrabin tapi harus tetep berhati-hati. Wajar tiaporang     punya egoisme, karna kamu juga begitu. Tapi kalo temen kamu selau ngutamain     kepentinganya sendiri dan ngga peduli sama kepentingan orang lain, bahkan     kepentingan temen sekalipun, orang kaya begini jelas bukan temen yang baik buat     kamu.

9.    Ngga Usah Keluar Malam
    Pergi dugem (dunia gemerlap) ke klub-klub atau kafe-kafe di pusat kota, dan ini     udah jadi kebiasaan temen. Gaya hidup kayak gini jelas ngga sehat. Ketemu sama     temen yang tipenya begini, ngga perlu bingung, kalo kamu ngerasa ngga cocok     dengan gaya hidupnya, ngga usah maksain diri. Kamu bias aja tetep berteman     sama dia tanpa kebawa-bawa ngikutin kebiasaannya. Siapa tahu dia juga bias jadi     temen ngobrol yang asik untuk hal-hal tetentu. Ambil positifnya aja dan ngga lupa     tetep jadi diri sendiri.


Sumber : Tabloid Gaul

0 komentar:

Posting Komentar