Pages

Jumat, 02 April 2010

ALAM SEMESTA VERSI YANG LAIN

Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang ada di orbit bumi. Nama hubble sendiri di ambil dari nama seorang ilmuwan terkenal asal Amerika,Edwin Hubble, yang sekaligus nemuin hukum Hubble ( hukum astronomi tentang pergeseran merah dari cahaya yang datang dari galaksi yang jauh adalah sebanding dengan jaraknya. Hamper sebanyak ini, benda-benda luar angkasa yang sukses di dentifikasikan adalah jasa dari teleskop Hubble. Nah, Hubble punya nih gambaran tentang alam semesta, sebel7um seperti sekarang. Foto terbaru Hubble sehabis pertemuan dengan American Astrological Society ( di sebar luaskan belum lama ini), menampilkan foto “ keluarga : jagad raya yang menggambarkan galaksi di berbagai usia dan tingkat perkembangan yang berbeda.
    Kondisi alam semesta versi Hubble di golongkan masih kecil, setara dengan 600 juta tahun sehabis ledakan besar ( big bang), yang kata teori fifika di klaim sebagai kelahiran alam semesta. Tuh foto paling lengkap dari mulanya alam semesta loh. Foto tersebut menunjukan galaksi dengan bintang-bintang  berumur ribuan tahun.
    Bintang tersebut tersusun indah, sebuah tanda awal yang kuat dari kelompok (kluster) bintang untuk pertama kalinya. Galaksi muda belum berbentuk ( spiral atau elips) dan masih berwarna kebiruan. Maklum saja, galaksi belum berisi logam berat.
    Kalo kata professor astronomi terkenal Garth llingworth ( terlibat fofo paluncuran fof hubble) kalo pun lihat alat itu Cuma bisa ngeliat alam semesta pada kisaran 900 juta tahun setelah “ ledakan besar” atau 300 juta tahun lebih tua dari pada gambar rilisan Hubble paling anyar. Kira-kira udah ada makhluk hidup blom ya ??

0 komentar:

Posting Komentar